Persiapan sangat diperlukan oleh setiap pemilik bisnis sebelum melakukan branding. Hal ini karena brand menjadi bagian pertama yang akan dilihat banyak orang. Selain itu, brand juga membangun identitas personal perusahaan, sehingga bisa menjadi pembeda antara perusahaan anda dengan kompetitor.
Oleh karena itu, sebelum menentukan brand perusahaan, anda harus memperhatikan berbagai hal penting. Terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan brand perusahaan, diantaranya sebagai berikut :
1. Lakukan Riset Target Konsumen
Riset target konsumen merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan branding. Dengan menentukan target konsumen melalui riset, anda bisa lebih mudah menentukan brand yang tepat untuk bisnis.
Riset sangat diperlukan sebelum menentukan branding, karena anda bisa mengetahui kepada siapa produk tersebut ditujukan. Dengan begitu, anda bisa menentukan branding secara tepat. Selain itu, dengan menganalisis target konsumen, maka produk yang ditawarkan akan tepat sasaran.
2. Ketahui Target Kompetitor
Selain menentukan target konsumen, anda juga harus mengetahui target kompetitor. Dengan mengetahui target kompetitor, maka akan memudahkan anda menentukan nama brand perusahaan.
Anda juga bisa mempelajari siapa konsumen yang ditargetkan oleh kompetitor. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui target kompetitor, 2 diantaranya sebagai berikut.
a. Manfaatkan Media Sosial
Cara mencari informasi tentang target kompetitor yaitu melalui media sosialnya. Anda bisa membuka media sosial kompetitor yang relevan dengan bisnis anda. Kemudian cari informasi sebanyak mungkin tentang demografis followersnya.
b. Manfaatkan Platform Media Online
Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan media online yang dimiliki perusahaan kompetitor. Anda bisa mencari informasi melalui website atau forum dari kompetitor. Cara ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang menjadi target pasar kompetitor.
3. Cari Keistimewaan Produk
Sebelum melakukan branding, anda harus mencari keistimewaan produk yang ditawarkan. Adanya keistimewaan dari produk bisa memudahkan anda saat menentukan branding. Anda bisa mencari tahu tentang kelebihan produk dan alasan orang harus memilih produk tersebut. Setelah mengetahui keistimewaan produk, anda bisa menentukan branding yang mencerminkan produk bisnis.
4. Siapkan Nama dan Slogan Brand
Setelah mengetahui keistimewaan produk, selanjutnya yaitu menyiapkan nama dan slogan brand. Nama dan slogan menjadi bagian penting dalam membangun bisnis. Dengan memilih nama dan slogan yang tepat maka bisa mempengaruhi perkembangan bisnis anda. Hal ini karena nama dan slogan bisa mempengaruhi proses marketing yang dilakukan, mulai dari membuat logo hingga pembuatan website.
Usahakan membuat nama dan slogan yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Pastikan nama dan slogan tersebut juga memiliki makna yang luas. Agar lebih mudah dalam memilih nama brand, terdapat berbagai tips yang bisa diterapkan, 3 diantaranya sebagai berikut.
a. Gunakan Nama yang Bermakna Positif
Tips yang pertama yaitu menggunakan nama brand bermakna positif. Brand bermakna positif bisa memberikan pengaruh baik pada bisnis. Selain itu, brand yang bermakna baik juga lebih mudah diingat oleh konsumen.
b. Gunakan Nama dan Slogan yang Mudah Diingat
Tips selanjutnya yaitu gunakan nama dan slogan yang mudah diingat konsumen. Nama yang mudah diingat tentu menjadi nilai lebih dari brand. Sehingga saat memerlukan sesuatu, maka konsumen akan mudah mengingat produk anda dibanding produk kompetitor. Oleh karena itu, agar bisnis semakin berkembang, usahakan memilih nama dan slogan yang mudah diingat serta diucapkan.
c. Gunakan Nama yang Mencerminkan Produk
Tips selanjutnya yaitu menggunakan nama yang mencerminkan produk. Cerminan produk artinya memilih nama yang sesuai dengan produk bisnis anda. Hal ini bertujuan agar memudahkan konsumen mengetahui produk yang anda jual. Selain itu, memilih nama yang mencerminkan produk juga memudahkan konsumen mengingat brand anda.
5. Siapkan Logo Brand
Siapakan logo brand merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sebelum melakukan branding. Logo menjadi bagian terpenting dalam bisnis, karena merupakan representasi visual yang membuat produk menjadi unik dan berbeda dari lainnya. Oleh karena itu, pastikan anda memilih logo yang mampu mewakili visi dan misi brand secara visual.
Selain itu, usahakan memilih logo yang berkarakter dengan kombinasi warna tepat. Agar bisa menciptakan logo terbaik yang mewakili brand, anda bisa berdiskusi dengan desainer berkualitas. Dengan begitu maka akan menciptakan logo yang menarik, mudah diingat, dan nyaman dilihat.
6. Siapkan Strategi Pemasaran secara Tepat
Sebelum melakukan branding, anda juga harus mempersiapkan strategi pemasaran secara tepat. Tanpa strategi yang matang, tentu semua usaha untuk branding perusahaan akan menjadi sia-sia. Oleh karena itu, terapkan strategi marketing yang tepat sehingga bisa menjangkau banyak konsumen potensial.
Terdapat berbagai strategi marketing yang bisa diterapkan, salah satunya menggunakan media sosial. Anda bisa membuat akun khusus bisnis di berbagai platform media sosial, salah satunya di Instagram.
Sekarang ini, hampir semua orang menggunakan Instagram, sehingga memanfaatkan Instagram menjadi strategi marketing adalah pilihan tepat. Buatlah akun Instagram bisnis yang menjual berbagai brand produk anda.
Setelah itu optimasi akun tersebut sehingga bisa mendapatkan banyak followers. Selain menggunakan media sosial, anda juga bisa membuat strategi pemasaran melalui website. Adanya website tentu bisa membuat brand terlihat lebih profesional. Hal ini tentu bisa memudahkan anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.
Terdapat berbagai hal yang harus dilakukan sebelum melakukan branding, mulai dari melakukan riset konsumen hingga menyiapkan strategi pemasaran. Dengan menyiapkan berbagai hal di atas, maka bisa membuat brand anda semakin dikenal dan terus berkembang.
Reference : https://rajakomen.com/blog/hal-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-melakukan-branding-53b3e03ccf.php