Menu

Mode Gelap
KEUTAMAAN MEMBACA RIWAYAT PARA AULIYA’ Hikmah dan Urgensi Mempelajari Sejarah Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram Selamat Tahun Baru Muharram 1446, Puisi Gus Mus KH. Mushtofa Bisri PBNU Buka Pendaftaran Beasiswa S1 ke Al-Azhar Mesir, Ini Ketentuan dan Cara Daftarnya

Ngaji Wirausaha · 4 Dec 2023 04:37 WIB ·

6 Tips Persiapan Sebelum Melakukan Branding Usaha


 6 Tips Persiapan Sebelum Melakukan Branding Usaha Perbesar

6 Tips Persiapan Sebelum Melakukan Branding Usaha

Spread the love

Persiapan sangat diperlukan oleh setiap pemilik bisnis sebelum melakukan branding. Hal ini karena brand menjadi bagian pertama yang akan dilihat banyak orang. Selain itu, brand juga membangun identitas personal perusahaan, sehingga bisa menjadi pembeda antara perusahaan anda dengan kompetitor.

Oleh karena itu, sebelum menentukan brand perusahaan, anda harus memperhatikan berbagai hal penting. Terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan brand perusahaan, diantaranya sebagai berikut :

1. Lakukan Riset Target Konsumen

Riset target konsumen merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan branding. Dengan menentukan target konsumen melalui riset, anda bisa lebih mudah menentukan brand yang tepat untuk bisnis.

Riset sangat diperlukan sebelum menentukan branding, karena anda bisa mengetahui kepada siapa produk tersebut ditujukan. Dengan begitu, anda bisa menentukan branding secara tepat. Selain itu, dengan menganalisis target konsumen, maka produk yang ditawarkan akan tepat sasaran.

2. Ketahui Target Kompetitor

Selain menentukan target konsumen, anda juga harus mengetahui target kompetitor. Dengan mengetahui target kompetitor, maka akan memudahkan anda menentukan nama brand perusahaan.

Anda juga bisa mempelajari siapa konsumen yang ditargetkan oleh kompetitor. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui target kompetitor, 2 diantaranya sebagai berikut.

a. Manfaatkan Media Sosial

Cara mencari informasi tentang target kompetitor yaitu melalui media sosialnya. Anda bisa membuka media sosial kompetitor yang relevan dengan bisnis anda. Kemudian cari informasi sebanyak mungkin tentang demografis followersnya.

b. Manfaatkan Platform Media Online

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan media online yang dimiliki perusahaan kompetitor. Anda bisa mencari informasi melalui website atau forum dari kompetitor. Cara ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang menjadi target pasar kompetitor.

3. Cari Keistimewaan Produk

Sebelum melakukan branding, anda harus mencari keistimewaan produk yang ditawarkan. Adanya keistimewaan dari produk bisa memudahkan anda saat menentukan branding. Anda bisa mencari tahu tentang kelebihan produk dan alasan orang harus memilih produk tersebut. Setelah mengetahui keistimewaan produk, anda bisa menentukan branding yang mencerminkan produk bisnis.

4. Siapkan Nama dan Slogan Brand

Setelah mengetahui keistimewaan produk, selanjutnya yaitu menyiapkan nama dan slogan brand. Nama dan slogan menjadi bagian penting dalam membangun bisnis. Dengan memilih nama dan slogan yang tepat maka bisa mempengaruhi perkembangan bisnis anda. Hal ini karena nama dan slogan bisa mempengaruhi proses marketing yang dilakukan, mulai dari membuat logo hingga pembuatan website.

Usahakan membuat nama dan slogan yang mudah diingat dan mudah diucapkan. Pastikan nama dan slogan tersebut juga memiliki makna yang luas. Agar lebih mudah dalam memilih nama brand, terdapat berbagai tips yang bisa diterapkan, 3 diantaranya sebagai berikut.

a. Gunakan Nama yang Bermakna Positif

Tips yang pertama yaitu menggunakan nama brand bermakna positif. Brand bermakna positif bisa memberikan pengaruh baik pada bisnis. Selain itu, brand yang bermakna baik juga lebih mudah diingat oleh konsumen.

b. Gunakan Nama dan Slogan yang Mudah Diingat

Tips selanjutnya yaitu gunakan nama dan slogan yang mudah diingat konsumen. Nama yang mudah diingat tentu menjadi nilai lebih dari brand. Sehingga saat memerlukan sesuatu, maka konsumen akan mudah mengingat produk anda dibanding produk kompetitor. Oleh karena itu, agar bisnis semakin berkembang, usahakan memilih nama dan slogan yang mudah diingat serta diucapkan.

c. Gunakan Nama yang Mencerminkan Produk

Tips selanjutnya yaitu menggunakan nama yang mencerminkan produk. Cerminan produk artinya memilih nama yang sesuai dengan produk bisnis anda. Hal ini bertujuan agar memudahkan konsumen mengetahui produk yang anda jual. Selain itu, memilih nama yang mencerminkan produk juga memudahkan konsumen mengingat brand anda.

5. Siapkan Logo Brand

Siapakan logo brand merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sebelum melakukan branding. Logo menjadi bagian terpenting dalam bisnis, karena merupakan representasi visual yang membuat produk menjadi unik dan berbeda dari lainnya. Oleh karena itu, pastikan anda memilih logo yang mampu mewakili visi dan misi brand secara visual.

Selain itu, usahakan memilih logo yang berkarakter dengan kombinasi warna tepat. Agar bisa menciptakan logo terbaik yang mewakili brand, anda bisa berdiskusi dengan desainer berkualitas. Dengan begitu maka akan menciptakan logo yang menarik, mudah diingat, dan nyaman dilihat.

6. Siapkan Strategi Pemasaran secara Tepat

Sebelum melakukan branding, anda juga harus mempersiapkan strategi pemasaran secara tepat. Tanpa strategi yang matang, tentu semua usaha untuk branding perusahaan akan menjadi sia-sia. Oleh karena itu, terapkan strategi marketing yang tepat sehingga bisa menjangkau banyak konsumen potensial.

Terdapat berbagai strategi marketing yang bisa diterapkan, salah satunya menggunakan media sosial. Anda bisa membuat akun khusus bisnis di berbagai platform media sosial, salah satunya di Instagram.

Sekarang ini, hampir semua orang menggunakan Instagram, sehingga memanfaatkan Instagram menjadi strategi marketing adalah pilihan tepat. Buatlah akun Instagram bisnis yang menjual berbagai brand produk anda.

Setelah itu optimasi akun tersebut sehingga bisa mendapatkan banyak followers. Selain menggunakan media sosial, anda juga bisa membuat strategi pemasaran melalui website. Adanya website tentu bisa membuat brand terlihat lebih profesional. Hal ini tentu bisa memudahkan anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

Terdapat berbagai hal yang harus dilakukan sebelum melakukan branding, mulai dari melakukan riset konsumen hingga menyiapkan strategi pemasaran. Dengan menyiapkan berbagai hal di atas, maka bisa membuat brand anda semakin dikenal dan terus berkembang.

Reference : https://rajakomen.com/blog/hal-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-melakukan-branding-53b3e03ccf.php

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Demi Kemandirian Ekonomi Jam’iyyah, NU Pulodarat adakan Grand Opening ERJE CAFE NU Pulodarat

1 April 2024 - 19:53 WIB

Demi Kemandirian Ekonomi Jam'iyyah, NU Poludarat adakan Grand Opening ERJE CAFE NU Pulodarat

3 Days to Go Grand Opening ERJE Cafe NU Pulodarat

27 March 2024 - 20:58 WIB

3 Days to Go Grand Opening ERJE Cafe NU Pulodarat

NU Mart MWCNU Kedung Jepara Resmi di Buka

19 March 2024 - 06:31 WIB

NU Mart MWCNU Kedung Jepara Resmi di Buka

STRUKTUR ORGANISASI ERJE CAFÉ NU DAN TUGASNYA

18 March 2024 - 19:13 WIB

STRUKTUR ORGANISASI ERJE CAFÉ NU DAN TUGASNYA

PARNU Pulodarat akan Segera adakan acara Grand Opening ERJE CAFE NU Demi Kemandirian Ekonomi Jam’iyyah

18 March 2024 - 19:05 WIB

PARNU Pulodarat akan Segera adakan acara Grand Opening ERJE CAFE NU Demi Kemandirian Ekonomi Jam'iyyah

Dana Abadi Pesantren, Wujud Kepedulian Prabowo Gibran Kepada Pesantren

14 February 2024 - 18:31 WIB

Dana Abadi Pesantren, Wujud Kepedulian Prabowo Gibran Kepada Pesantren
Trending di Kaderisasi NU